Perlunya Menetapkan Visi dan Misi Perusahaan

Siapa bilang Visi dan Misi itu kalah penting daripada Slogan? Kalau ingin Perusahaan jaya, salah satu langkahnya adalah :

" Tetapkan Visi dan Misi Perusahaan yang Kuat "
Setiap pengusaha sukses di dunia menekankan perlunya menyusun rencana bisnis yang jelas, terarah, terukur dan terpadu.

Namun yang sering dilupakan oleh banyak orang adalah lemahnya menyusun dan menetapkan visi maupun misi dari bisnis Anda tersebut.

Padahal visi dan misi akan menjadi jiwa yang akan menggerakkan arah bisnis Anda secara efektif.

Mengapa efektifitas sangat diperlukan? Karena dengan efektifitas kita bisa meraih target secara lebih cepat, terukur dan terarah.

Lantas, apakah yang diperlukan dan bagaimana langkah demi langkah menyusun serta menetapkan visi dan binis Anda?

Untuk menyusun visi dan misi yang sesuai dengan prinsip Anda maka faktor-faktor pembentuk misi berikut ini harus dipertimbangkan:

1. Sejarah

Tulislah bagaimana Anda bisa menetapkan untuk memulai bisnis yang akan diwujudkan tersebut. Bagaimana ide bisnis tersebut muncul dan idealisme apa yang mendorong Anda memilih untuk masuk ke bisnis tersebut tentunya akan menjadi titik awal sejarah usaha Anda.

Misalkan latar belakang dan sejarah Anda mendirikan perusahaan adalah karena idealisme menyediakan layanan terbaik dan menyediakan lapangan pekerjaan untuk orang banyak.
2. Preferensi masa kini

Jika sebelumnya Anda sudah merekam sejarah (masa lalu) yang menjadi dasar bisnis Anda maka tugas berikutnya adalah melakukan pengenalan dan inventarisasi atas preferensi saat ini.

Catatlah bagaimana pandangan Anda atas kondisi terkini yang terkait dengan bisnis maupun hidup ini. Dengan catatan tersebut maka setidaknya dapat terbentuk preferensi yang tepat dengan keadaan terkini.

Misalkan Anda melihat bahwa kebanyakan jasa layanan pengembangan teknologi informasi di Indonesia masih tambal-sulam dan dipenuhi para pelanggan yang kecewa.
3. Lingkungan pasar

Cermati dan catatlah kondisi pasar yang ada. Jika memungkinkan sejak dari dari saat ke belakang hingga prediksi ke depan.

Misalkan pasar domestik sempat mengalami booming penerapan sistem informasi manajemen berbasis teknologi komputer.

Harga aplikasi software yang dibangun melibatkan konsultan harganya bisa mencapai angka ratusan juta rupiah.

Tapi ternyata prosentase yang painful lebih relatif lebih sedikit dibandingkan dengan yang successful :smile:
4. Sumber daya

Inventarisir dan ukur sumber daya yang ada di lingkungan usaha Anda. Hasil dari inventarisir dan pengukuran tersebut akan menentukan posisi kemudian tujuan realistik yang sesuai dengan kemampuan Anda.
5. Kompetensi yang membedakan

Nah, sekarang setelah melakukan banyak inventarisir kondisi yang mendukung bisnis Anda, lakukan inventarisasi kompetensi yang menjadi faktor pembeda (differentiation) dari penawaran bisnis Anda.

Kemudian perhatikan unsur-unsur utama penyusunan misi sebagai berikut:

1. Penekanan pada hal-hal yang terbatas kuantitasnya
2. Penekanan pada kebijakan dan nilai utama yang ingin dihormati
3. Mendefinisikan lingkup kompetensi utama seperti industri, produk, kompetensi, segmen pasar, vertical dan geografis.

Setelah itu kemudian ajukan pertanyaan-pertanyaan mendasar penyusunan misi yang setidaknya terdiri atas:

1. Apa usaha kita?
2. Siapa pelanggan kita?
3. Nilai apakah yang disampaikan kepada pelanggan?
4. Seperti apakah yang seharusnya kita lakukan?

Berikut ini adalah beberapa contoh misi yang baik:

Caltex Pasific Indonesia:
“as a business partner with Pertamina, Caltex Pasific Indonesia will effectively explore and develop hydrocarbon for the benefit of Indonesia and its shareholders.”

Motorola Company:
“Tujuan Motorola adalah dengan bangga melayani kebutuhan masyarakat dengan menyediakan produk dan pelayanan kualitas tinggi dengan harga yang pantas bagi pelanggan kami; dalam rangka memperoleh laba yang memadai untuk pertumbuhan perusahaan dan dengan demikian menyediakan peluang bagi karyawan dan pemegang saham kami untuk mencapai tujuan pribadi mereka yang wajar.”

Nah, sekarang bagaimana menurut Anda tentang visi dan misi PT. AWAMI berikut ini :smile: :

Misi PT. AWAKAMI
“PT. AWAKAMI sebagai perusahaan di bidang teknologi informasi memberikan produk pengembangan perangkat lunak dan peningkatan sumber daya manusia berkualitas tinggi kepada pelanggan kami dengan harga yang pantas serta hasil memuaskan sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan perusahaan dimana hasilnya dapat dinikmati oleh setiap komponen di dalamnya serta masyarakat pada umumnya secara proporsional.”

Visi PT. AWAKAMI
“Menjadi perusahaan pengembangan perangkat lunak dan sumber daya manusia di bidang teknologi informasi yang memberikan pelayanan terbaik yang dikenal secara internasional.”

0 Responses to "Perlunya Menetapkan Visi dan Misi Perusahaan"